Mulai dari diri - Modul Guru Penggerak 1.1.a.3 | Refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara



Refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Asep Suhendar, S.Tr.Kom

Guru Penggerak Angkatan 9

 

1. Tulisan Reflektif Kritis 

  • Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran KHD mengenai pendidikan dan pengajaran?

Pendidikan dan Pengajaran yang di sampaikan oleh KHD yang saya ketahui adalah proses memanusiakan manusia dalam segala aspek dalam kegiatan pembelajaran dan ataupun kegiatan pendidikan lainnya secara fisik, mental, jasmani maupun rohani. Dimana sepengetahuan saya Pendidikan adalah selain memberikan pelajaran atau ilmu pengetahuan kepada para peserta didik kita juga harus menerapkan nilai-nilai norma serta membentuk karakter pada mereka, sedangkan pengajaran menurut pengetahuan saya adalah hanya menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, dan secara tidak langsung pengajaran adalah bagian dari proses pendidikan.

  • Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?

Relevansi pemikiran KHD dengan Kontek Pendidikan Indonesia adalah bahwa gagasan yang disampaikan oleh KHD merupakan cita-cita yang ingin dicapai dalam Pendidikan Indonesia seiring dengan perkembangan budaya yang berdampak pada budaya pada setiap generasi yang berbeda-beda. Kaitannya juga dengan konteks Pendidikan disekolah saya ini juga merupakan harapan besar yang ingin dicapai dimana sekolah adalah bagian pendukung dalam mensukseskan pendidikan di Indonesia sehingga diharapkan sekolah menjadi tempat untuk mencapai cita-cita tersebut.

  • Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?

Kalau boleh menilai diri sendiri mungkin 80% saya sudah menerapkan Konsep Pemikiran KHD 20% sisanya adalah saya terus melakukan perubahan, kolaborasi dan meningkatkan kualitas pengembangan diri saya untuk menuju sempurna menurut ukuran manusia dalam melakukan aktivitas saya sebagai seorang guru.

2. Harapan dan Ekspektasi 

  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya setelah mempelajari modul  ini adanya perubahan dalam gaya mengajar yang saya lakukan kepada peserta didik yang saya aja, yang tadinya biasa saja menjadi lebih bermakna dan memiliki daya tarik serta semangat peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Selain itu saya ingin upgrade kemampuan serta pengetahuan sebagai seorang pendidik dalam menghadapi peserta didik yang berbeda-beda dalam gaya belajarnya.

  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan yang ingin saya lihat pada murid-murid saya setelah saya mempelajari modul ini adalah, mereka dapat tertarik serta menarik terhadap pembelajaran yang saya berikan dikelas, setelah adanya ketertarikan terhadap pembelajaran yang saya berikan selanjutnya mereka mampu mengimplementasikan pengalaman belajar mereka dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu saya berharap para murid mengalami perubahan dalam segi pemikiran yang kritis seperti salah satu materi yang ada pada pembelajaran saya adalah Computational Thinking dimana para siswa mampu mengubah pola fikir dalam menghadaoi berbagai persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Harapan saya dalam Modul ini adanya kegiatan-kegiatan yang menambha pengaman baru bagi saya dalam melaksanakan pembelajaran, munculnya ide-ide baru dalam melakukan simulasi pembelajaran dikelas yang lebih menarik. Materi yang saya harapkan adalah materi yang mampu mengubah mindset saya sebagai seorang Calon Guru Penggerak untuk bisa memberikan banyak motivasi dalam membuat inovasi-inovasi baru baik dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan ataupun dalam upgrading skill saya di bidang kepemimpinan dalam berbagai kegiatan Pendidikan.

 

Asep Suhendar GP Angkatan 9

Post a Comment

0 Comments