MODUL BELAJAR POWER POINT



PENGERTIAN DAN SEJARAH MS.POWERPOINT
Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis Sistem Operasi Microsoft Windows dan juga Apple Manchitos yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

SEJARAH
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projektor(OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Office 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi , versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi





Fungsi Dari Tools Dalam Ms. Powerpoint 2007
1.      Fungsi Utama Tombol Ms. Office (Ms. Office Button)
Ms. Office Button Berisi Fungsi-Fungsi Utama Dari File, Antara Lain : New, Open,  Save, Save As, Prit, Repare, Send & Publish.
2.      Quick Access Toolbar Berisi  Shortcut Untuk Fungsi  Save, Undo, And Repeat.  Shortcut Ini Dapat Ditambah Dengan Mengklik Panah Di Sebelah Kanan.
3.      Ribbon Tabs : Setiap Ribbon Tab Akan Menampilkan Ribbon Yang Berisi Beberapa Set Dari Tool Groups. Ribbon Tabs Dalam Ms. Powerpoint 2007 Antara Lain : Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, Dan View.
4.       Ribbon Yang Terdiri Dari Beberapa Tool Group, Antara Lain :  Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing Dan Editing, Yang Berfungsi Untuk Mengatur Format Slide Dan Isinya.
-          Clipboard, Terdapat Tombol Copy, Paste, Cut, Dan Format Painter.
-          Slide, Terdapat Tombol Add Slide, Layout, Reset Dan Delete.
-          Paragraph, Terdapat Tombol Untuk Mengatur Perataan (Alignment), Bullet And Numbering, Line Spacing, Dan Beberapa Tombol Untuk Mengatur Paragraph.
-          Drawing, Terdapat Tombol  Text Box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape
Fill, Shape Outline, Dan Shape Effects.
-           Editing, Terdiri Dari Tombol Find, Replace, Dan Select.
5.      Ribbon Tab Insert Terdiri Dari Beberapa Tool Group, Antara Lain :
-          Tables, Perintah Untuk Menambahkan Table Pada Tampilan Slide Anda.
-          Illustrations, Terdapat Tombol-Tombol Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Menyisipkan Gambar,  Clipart, Photo Album, Shapes, Smartart, Dan  Chart (Grafik).
-          Links, Tombol-Tombol Pada Tool Group Ini Dapat Digunakan Untuk Membuat Link Pada Slide.
-          Media Clips, Untuk Memperkaya Tampilan Slide Anda, Maka Anda Dapat Menambahkan File Sound (Suara) Atau Movie (Film).

6.      Ribbon Tab  Design,
Akan Muncul Ribbon Dengan Beberapa Tool Group, Antara Lain : Page Setup, Themes, Dan Background, Berfungsi Untuk Endesain Slide Anda.
-          Page Setup, Terdapat  Tombol Untuk Mengatur Orientasi Dari Slide, Apakah Anda Akan Menggunakan Orientasi Portrait Atau Landscape.
-          Themes, Anda Bisa Menggunakan Pilihan Desain Yang Sudah Disiapkan Oleh Ms. Powerpoint 2007untuk Slide Anda.
-          Background, Untuk Memperindah Slide Yang Anda Buat, Anda Bisa Menata Latar Belakang Slide Anda Dengan Menggunakan Menu Pada Toolgroup Ini.


7.       Ribbon Tab Animations
-          Preview, Tombol Ini Dipergunakan Untuk Melihat Hasil Dari Animasi Yang Anda Berikan Untuk Slide Anda.
-          Animations, Anda Dapat Memilih  Animasi Bagi Objek Yang Ada Pada Slide, Terdiri Dari Animate Dan Custom Animations.
-          Transition To This Slide, Untuk Memebrikan Slide Pada Perpindahan Slide Yang Anda Buat.

8.      Ribbon Tab Slide Show Terdiri Dari Beberapa Tool Group, Antara Lain
-          Start Slide Show, Untuk Menentukan Dari Mana Slide Anda Dijalankan, Apakah Dari Awal (From Beginning) Atau Dari Slide Yang Sedang Aktif From Current Slide Show) Atau Pilihan Anda Sendiri (Custom Slide Show).
-          Set Up, Pada Tool Group Ini Terdapat Tombol Yang Bisa Digunakan Untukmenyembunyikan Slide (Hide Slide), Merekam Narasi (Record Narration) Danmenentukan Urutan Slide (Rehearse Timings) Yang Akan Ditampilkan.
-          Monitors, Anda Bisa Mengatur Resolusi Dari Slide Presentasi Anda Pada Tool Group Ini.

9.      Ribbon Tab Review
-          Proofing, Digunakan Untuk Melakukan Pengecekan Pada Tata Tulis Yang Anda Buat Di Slide.
-          Comments, Anda Bisa Memberikan Catatan Pada Slide Yang Anda Buat.
-          Protect, Anda Bisa Menggunakannya Untuk Melindungi Slide Presentasi Yang Anda Buat.

10.  Ribbon Tab View
-          Presentation Views, Pada Bagian Ini Anda Dapat Melihat Keseluruhan Dari Slide Yang Telah Anda Buat. Anda Bisa Melihatnya Secara Normal, Slide Sorter, Notes Page, Dan  Slide Show. Selain Itu Anda Juga Dapat Membuat  Slide Master Sesuai Dengan Desain Yang Anda Inginkan.
-          Show/Hide, Untuk Membantu Anda Dalam Membuat Slide Presntasi, Anda Bisa Menampilkan Penggaris (Ruler) Dan Garis Bantu (Gridlines).
-          Zoom, Anda Dapat Memperbesar Ukuran Slide Yang Anda Buat Atau Secara Normal.
-          Color/Grayscale, Pada Bagian Ini Anda Dapat Menentukan Apakah Slide Yang Anda Buat Berwarna (Color) Atau Hitam Putih (Grayscale).
-          Window, Anda Manata Tampilan Window Powerpoint Apakah Secara  Cascade, Split, Atau Berpindah Ke Window Lain.

1. Memulai Program PowerPoint 2007
1.      Klik Star All Programs Microsoft Office Power Point 2007


 
















2.      Muncul tampilan seperti berikut








3.      Untuk menambah slide, klik-kanan Slides, pilih New Slide









4.      Tampilannya menjadi seperti ini setelah diperbanyak tergantung kebutuhan






5.      Untuk menghapus slide, klik-kanan Slides, pilih Delete Slide


 











Bagian-bagian Dalam Tampilan Microsoft PowerPoint 2007
http://1.bp.blogspot.com/-GL6pmI6UOBE/UB1Z_MMic_I/AAAAAAAAAaY/9uWv1XZvpW0/s400/bagian2.png

Keterangan Tampilan Lembar Kerja PowerPoint 2007:
1. Office Button
2. Quick Access Toolbar
3. Title Bar
4. Tabmenu Ribbon
5. Ribbon
6. Ruler
7. Slide Area
8. Vertical Scroll Bar
9. Notes Area
10. Status Bar
11. View Button
12. Zoom  Button
Gambar 4.2 Tampilan awal PowerPoint 2007

2. Mengenal User Interface Baru pada PowerPoint 2007
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, PowerPoint 2007 memiliki tampilan user interface(UI) baru yang berbeda dengan PowerPoint versi sebelumnya. Pengganti menu dantoolbar pada PowerPoint 2007 biasa disebut RibbonRibbon dirancang untuk membantu Anda agar dapat bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh PowerPoint 2007. Ribbon ini terdiri atas beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Setiap tab terdiri atas beberapa Groups. Setiapgroup terdiri atas beberapa tombol perintah.
Ribbon sebagai User Interface (UI) pada PowerPoint 2007
Gambar 4.4 Salah satu Ribbon sebagai User Interface (UI) pada PowerPoint 2007
Quick Acces Toolbar
Gambar 4.4 Microsoft Office Button dan Quick Acces Toolbar
office Clipboard
Clipboard
Terdiri atas CutCopyPastePaste SpecialPaste as HyperlinkDuplicateClear, dan Clear All.
office Slides
Slides
Terdiri atas New SlideDuplicate select Slides,Slides from OutlineReuse SlidesLayoutReset, dan Delete.
office Font
Font
Terdiri atas FontFont SizeBoldItalicUnderline,StrikethroughSubscriptSuperscriptClearFormattingText Highlight ColorFont Color,Change CaseGrow Font, dan Shrink Font.
office Paragraph
Paragraph
Terdiri atas BulletsNumberingMultilevels List,Decrease indentAlign Text leftCenterAlign TextRightJustifyLine SpacingShadingBottom BorderSort dan Increase Indent.
office Drawing
Drawing
Terdiri atas ShapeArrangeQuick StylesShape FillShape OutlineShape effectsLine ColorLine StyleShadow3D Fomat3D rotationPicture, danText Box
office Editing
Editing
Terdiri atas FindReplace, dan Select
Dialog Box Launchers berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap grup pada setiap tab. Dengan mengklik ikon Dialog Box Launcher tersebut, secara otomatis kotak dialog atau task pane yang terkait dengan grup tersebut akan dibuka.

a. Tab Home PowerPoint 2007
Tab Home berfungsi untuk pengoperasian file dan memodifikasi teks, untuk memodifikasi pembuatan presentasi, misalnya penghapusan satu kata atau satu kalimat dan mengganti kata yang salah dalam satu slide, seperti membuat slide baru, membuka file, menentukan ukuran dan jenis teks, dan menentukan paragraf.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Home
Gambar 4.5 Ribbon yang ditampilkan dari tab Home

b. Tab Insert PowerPoint 2007
Tab Insert berfungsi untuk menyisipkan tabel, nomor halaman, catatan kaki, gambar, teks, dan sebagainya.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
Gambar 4.6 Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
ribbon Tables
Tables
Terdiri atas Insert TableDraw Table, danExcel Spreadsheet
ribbon Illustrations
Illustrations
Terdiri atas PictureClip ArtPhoto Album,ShapesSmartArt, dan Chart
ribbon Links
Links
Terdiri atas Hyperlink dan Action
ribbon Text
Text
Terdiri atas Text BoxHeader & Footer,WordArtDate & TimeSlideNumber,Symbol, dan Object
ribbon Media Clips
Media Clips
Terdiri atas Movie dan Sound

c. Tab Design PowerPoint 2007
Tab Design berfungsi untuk menyisipkan berbagai efek pada slide.
http://budisma.web.id/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image17.jpg
Gambar 4.7 Ribbon yang ditampilkan dari tab Design
Tabel 4.3 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Design.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Page Setup
Page Setup
Terdiri atas Page setup dan Slide Orientation
ribbon Themes
Themes
Terdiri atas ThemesFont, dan Effects
ribbon Background
Background
Terdiri atas Background Styles dan HideBackground Graphics








d. Tab Animation PowerPoint 2007
Tab Animation berfungsi untuk membuat efek animasi pada presentasi yang dibuat, dan fasilitas lain yang digunakan untuk melengkapi hasil presentasi.
Ribbon tab Animation
Gambar 4.8 Ribbon yang keluar dari tab Animation
Tabel 4.4 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Animation.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Preview
Preview
Terdiri atas Preview Animations
ribbon Animations
Animations
Terdiri atas No Animation danCustom Animation
ribbon Transitionto This Slide
Transitionto This Slide
Terdiri atas Advance Slides,Transition SoundTransition Speed, dan Apply to All


e. Tab Slide Show PowerPoint 2007
Tab Slide Show berfungsi untuk menampilkan struktur slide, misalnya apakah strukturslide akan menampilkan identifikasi dan simbol-simbol yang menyertainya .
Ribbon tab Slide Show
Gambar 4.10 Ribbon yang ditampilkan dari tab Slide Show
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Start Slide Show
Start SlideShow
Terdiri atas From Beginning,FromCurrent Slide, dan Custom Slide Show
http://budisma.web.id/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image27.jpg
Set Up
Terdiri atas Set Up Slide ShowHide SlideRecord NarrationRehearseTimingsUse Rehearse Timings.
http://budisma.web.id/wp-content/uploads/tik/pengenalan-powerpoint-2007/image28.jpg
Monitors
Terdiri atas ResolutionShowPresentation On, dan Use Presenter View
Tabel 4.5 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Slide Show.

f. Tab Review PowerPoint 2007
Tab Review berfungsi untuk men-setting fungsi-fungsi atau mengubah template, dan sebagainya.
Ribbon tab Review
Gambar 4.10 Ribbon yang ditampilkan dari tab Review




Tabel 4.6 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Review.
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Proofing
Proofing
Terdiri atas SpellingResearch, Thesaurus, Translate, dan Language
ribbon Comment
Comment
Terdiri atas Show MarkupNewCommentEdit CommentDelete,Previous, dan Next
ribbon Protect
Protect
Terdiri atas Protect Presentation:Unrestricted AccessRestrictedAccessManage Credentials

g. Tab View PowerPoint 2007
Tab View berfungsi untuk memodifikasi layar tampilan dan presentasi.
Ribbon dari tab View
Gambar 4.11 Ribbon yang ditampilkan dari tab View
Ikon
Group
Tombol Perintah
ribbon Presentation View
PresentationView
Terdiri atas NormalSlide Sorter, Notes PageSlide ShowSlide MasterHandout MasterNotes Master
ribbon Show/Hide
Show/Hide
Terdiri atas RulerGridlines, danMassage Bar
ribbon Zoom
Zoom
Terdiri atas Zoom, dan Fit to Window
ribbon Color Grayscale
Color/Grayscale
Terdiri atas ColorGrayscale, danPure Black and White
ribbon Window
Window
Terdiri atas New WindowArrange AllCascade, dan
ribbon Macros
Macros
Terdiri atas View macros.
 Tabel 4.8 Jenis-Jenis Tampilan Slide dalam PowerPoint
Ikon
Nama
Deskripsi
Normal View
NormalView
Normal view adalah jendela utama untuk mengedit tampilan presentasi, yang juga digunakan untuk presentasi. Tombol ini dapat Anda gunakan untuk mengolah judul dan isi presentasi dengan cepat.
Slide SorterView
Slide SorterView
Slide Sorter View digunakan untukmengelola dan melihat semua presentasi yang telah Anda buat.
Slide Show
Slide Show
Slide Show digunakan untuk menampilkan presentasi yang telah Anda buat sebagai presentasi elektronik. Anda dapat melihat tampilannya dalam satulayar penuh.


MEMBUAT TOMBOL NAVIGASI
1.      Klik menu insert kemudian pilih menu shapes


2.      Pilihlah Acation button dan tentukan tombol navigasi yang dikehendaki


3.      Tentukan perintah yang ditujukan kepada navigasi tersebut









Cara Menyisipkan Suara Pada Slide PowerPoint
Sebelum menyisipkan suara pada slide, sebaiknya salin dulu file suara ke folder yang sama dengan slide, untuk mencegah terjadi masalah pada link file apabila slide ini dijalankan pada komputer yang berbeda.
1.                  Klik slide yang ingin disisipkan suara.
2.                  Media Clips GroupPada Insert tab, Media Clips grup, klik tanda panah pada Sound.



3.                  Lakukan salah satu dari hal berikut:
·  Klik Sound from File, cari lokasi file, kemudian klik ganda file yang ingin disisipkan. Gunakan cara ini jika ingin menggunakan suara dari mp3, dll.
·  Klik Sound from Clip Organizer, pilih clip yang diinginkan dari Clip Art task pane.
·  Klik Play CD Audio Track, jika ingin memainkan lagu dari CD. Buat pengaturan yang diinginkan pada kotak dialog Insert CD Audio.
4.                   Saat menyisipkan suara, kita akan diminta untuk memilih:
·       Suara dimainkan secara otomatis saat slide ditampilkan, klikAutomatically.
·       Suara dimainkan saat mengklik icon suara sound icon atau CD icon CD Icon, klik When Clicked.
5.                  Pada slide akan muncul icon suara atau CD icon. Klik ganda icon tersebut untuk mendengarkan bunyinya. Klik sekali lagi untuk menghentikannya.

Kita juga dapat mengatur agar suara yang mengiringi slide dimainkan secara terus menerus pada satu slide atau pada sejumlah slide. Berikut cara pengaturannya.
1.                  Klik icon suara sound icon pada slide.
2.                  Pada Sound ToolsOptions tab, Sound Options grup, centang kotakLoop Until Stopped. Suara akan mengiringi slide sampai Anda berpindah ke slide berikutnya.
 Memainkan Suara Secara Terus Menerus Pada Sejumlah Slide
Misalnya, ada 6 buah slide dan kita akan mengatur suara untuk mengiringi slide 2 sampai 5.
1.                  Pada Animations tab, Animations grup, klik Custom Animation.
2.                  Pada Custom Animation task pane, klik tanda panah pada suara yang dipilih dan klik Effect Options.
Custom Animation Task Pane
3.                  Pada Effect tab, di bagian Stop playing, klik After, dan klik jumlah slide yang akan diiringi suara tersebut.
Stop Playing Sound Option
 Menyembunyikan Icon Suara atau CD Icon
Catatan: Cara ini sesuai digunakan bila suara dijalankan secara otomatis.
1.                  Klik icon suara sound icon pada slide.
2.                  Pada Sound ToolsOptions tab, Sound Options grup, centang kotak Hide During Show.
3.                  Untuk suara dari CD: klik CD icon CD Iconpada slide. Pada CD Audio Tools,Options tab, Set Up grup, centang kotak Hide During Show.
 Cara Mengubah atau Menghapus Suara
·                     Mengubah suara: kita harus menghapus terlebih dahulu suara yang sudah ada pada slide dan kemudian sisipkan suara yang baru.
·                     Menghapus suara:
1.                  Klik pada slide yang ingin dihapus suaranya.
2.                  Pada Normal view, klik icon suara sound icon atau CD icon CD Icon, dan kemudian tekan tombol DELETE.
 Cara Menghentikan Suara dengan Mouse Click
Kadang kita mungkin ingin menghentikan suara yang mengiringi slide pada saat presentasi. Gunakan cara berikut ini:
1.                  Pada Animations tab, Animations grup, klik Custom Animation.
2.                  Pada Custom Animation task pane, klik tanda panah pada suara yang dipilih dan klik Effect Options.
3.                  Pada Effect tab, di bagian Stop playing, klik On click.

 Menyisipkan video :
1. Buka microsoft powerpoint 2007 anda Kalo file presentasinya udah buat, buat slide baru.
2. Klik menu insert pada bagian atas menu toolbar lalu klik movie, pilih movie from file…
3. Cari video yang akan anda masukkan.
4. Perbesar tampilan video.
5. Klik menu “slide show ” di bagian bawah kanan untuk preview.
Membuat tombol menu hyperlink
Dalam pembuatan multimedia presentasi pembelajaran ataupun Multimedia pembelajaran interaktif, perpindahan slide tidak lagi secara otomatis ataupun berdasarkan clik (beberapa kasus masih memerlukan otomatis). Langkah-langkah membuatnya adalah :
Cara 1 :
1.      Buka presentasi baru
2.      Buat 5 buah slide baru beri jdudul di setiap slide
1.      Slide 1 : Menu Utama
2.      Slide 2 : Materi
3.      Slide 3 : Evaluasi
4.      Slide 4 : Kompetensi
5.      Slide 5 : Tentang
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb1.png?w=500
3.      Buat tombol di menu utama untuk hyperlink ke slide-slide yang lain. Buat tombol dengan menggunakan menu Insert –Shape – Rounded Retangle
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb2.png?w=500
4.      Buat tombol kemudian beri nama tiap-tombol sesuai dengan fungsinya
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb3.png?w=500
5.      Beri hyperlink dengan cara seleksi/pilih tombol yang akan di beri link masuk pada menu Insert – Action.
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb4.png?w=500

Pada tab Mouse Click pilih  pada hyperlink to : pilih slide
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb5.png?w=500
Pada menu Hyperlink To, pilih slide yang di inginkan. Kalau tadi yang di beri action tombol materi maka di Hyperlink to Slide pilih slide materi
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb6.png?w=500
Setelah selesai klik ok.
6.      Masih pada action setting Centang pada Play Sound kemudian pilih jenis sound dan Higlight Clik
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb7.png?w=500
Setelelah selesai klik ok.
7.      Lakukan hal yang sama pada setiap tombol yang ada. Beri action ke setiap slide yang ingin di tuju.
8.      Seleksi semua tombol kemudian copy
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb8.png?w=500
masuk pada master view
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb9.png?w=500 http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb10.png?w=500
Pada slide master no 1 klik tombol paste (copy paste ke dalam slide maseter)
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb11.png?w=500
Setelah tercopy dengan sempurna klik tombol close Master View
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb12.png?w=500
Secara otomatsi semua tombol akan tampil di semua slide, baik yang sudah ada maupun yang baru.
1.      Langkah selanjutnya adalah mematikan fungsi sembarang klik untuk berganti slide. Masuk menu animation – advance slide. Ada 4 cara slide berpindah
1.      On Mouse Klik
2.      Automaticaly after
3.      On Mouse Klik dan Automaticaly after keduanya diaktifkan
4.      Tidak menggunakan On Mouse Click dan Automaticaly after
Untuk membuat sebuah prensetasi tidak berpindah slide pada saat klik di sembarang tempat, pilih opsi Tidak menggunakan On Mouse Click dan Automaticaly after dengan cara menghilangkan semua centangan pada pilihan on mouse clik maupun automaticly after.
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb13.png?w=500
2.      Slide selain berpindah karena klik mouse juga bisa berpindah karena menekan tombol keyboard. Dalam sebuah multimedia pembelajaran interaktif hal tersebut perlu di hindari, matikan fungsi keyboard dalam navigasi slide dengan cara. Klik pada Slide Show – Set Up Show.
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb14.png?w=500
Pada Show Type centang pada Browed at a kiosk (full Screen)
http://lpmp.files.wordpress.com/2010/02/020110_0151_membuattomb15.png?w=500
3.      Setelah semua navigasi menggunakan klik mouse dan keyboard dimatikan perlu juga membuat tombol untuk keluar dari slide show power point. buat sebuah tombol, beri action seting. pilih hyperling to End Show.
Setelah Semu langkah di atas di lakukan dengan benar, coba jalankan presentasi. Cek apakah tombol bisa berjalan ke slide yang di tuju, coba klik pada sembarang tempat, seharusnya slide tidak berpindah. Coba jalankan dengan menekan tombol navigasi keyboard, harusnya juga tidak berpindah slide.
Cara 2 :
1.      Buka slide Presentasi
2.      Buatlah Daftar Menu yang akan kita buat pada Slide prentasi










3.      Buat Materi yang akan dibuat pada setiap judul pada layar slide yang baru dan simpan pada satu folder


4.      Hyperlink setiap judul dan cari Materi yang berhubungan dengan judul yang kita tuju.
Lakukan Hyperlink seperti diatas sesuai judul yang ditentukan
MENGUBAH BACKGROUND LAYAR SLIDE












 







                                 






 
                                   


















SAATNYA BELAJAR :
1.      BUATLAH SLIDE DENGAN MENGGUNAKAN SLIDE MASTER UNTUK MEMBUAT MENU SECARA OTOMATIS DENGAN JUDUL “MATERI LKBB DAN UPACARA PRAMUKA”
v  MENGGUNAKAN MENU EXITING FILE OR WEB PAGE
Dengan menggunakan Menu Exiting File or Web Page kita harus membuat Materi Slide satu per satu pada Slide yang baru/File yang baru  dan disimpan dalam satu Folder supaya mempermudah dalam mencari Materi ketika akan meng-Hyperlink
a.      FILE : JUDUL DAN PENGARANG


b.      Text Box: Pengertian 
Pengertian Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu 

FILE : PENGERTIAN









c.       Text Box: Maksud dan Tujuan 
1.  Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.
2.  Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
3.  Yang dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenanggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
4.   Yang dimaksud rasa disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan pribadi yang pada hakikatnya tidak lain daripada keikhlasan penyisihan pilihan hati sendiri.
5.  Yang dimaksud rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.

FILE : MAKSUD DAN TUJUAN










d.      Text Box: ABA-ABA
Aba-aba adalah suatu perintah yang diberikan oleh seseorang Pemimpin kepada yang dipimpin untuk dilaksanakannya pada waktunya secara serentak atau berturut-turut.

FILE : PENGERTIAN ABA-ABA














e.       FILE : MACAM-MACAM ABA-ABA


Text Box: A. Aba-aba petunjuk dipergunakan hanya jika perlu untuk menegaskan maksud daripada aba-aba peringatan/pelaksanaan.
 Contoh:   
 a) Kepada Pemimpin Upacara-Hormat – GERAK
 b) Untuk amanat istirahat di tempat - GERAK
B. Aba-aba peringatan adalah inti perintah yang cukup jelas, untuk dapat dilaksanakan tanpa ragu-ragu.
Contoh:   a) Lencang kanan - GERAK
     b) Istirahat di tempat - GERAK 
C. Aba-aba pelaksanaan adalah ketegasan mengenai saat untuk melaksanakan aba-aba pelaksanan yang dipakai ialah:  
1. GERAK: adalah untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan tanpa meninggalkan tempat dan gerakan-gerakan yang memakai anggota tubuh lain. Contoh: jalan ditempat–GERAK,  siap-GERAK,  hadap kanan-GERAK, lencang kanan-GERAK
2. JALAN: adalah utuk gerakan yang dilakukan dengan meninggalkan tempat. Contoh: haluan kanan/kiri – JALAN, dua langkah ke depan –JALAN, satulangkah ke belakang - JALAN
Catatan: Apabila gerakan meninggalkan tempat itu tidak dibatasi jaraknya, maka aba aba harus didahului dengan aba-aba peringatan MAJU Contoh: -maju – JALAN, haluan kanan/hadap kanan/kiri maju – JALAN, melintang kanan/kiri maju -J ALAN
3. MULAI : adalah untuk dipakai pada pelaksanaan perintah yang harus dikerjakan berturut-turut. Contoh: hitung –MULAI, tiga bersaf kumpul -MULAI
 













f.       Text Box: TATA UPACARA PRAMUKA SIAGA
Bentuk Lingkaran : 
Menunjukkan bahwa perhatian dan perkembangan jiwanya masih terpusat kepada orang tua / pembina (belum perpandangan jauh) dan kurang mengenal nilai kemasyarakatan.
Perlengkapan 
a.       Bendera MP ukuran 80 x 120 cm      d. Teks Dwi Dharma 
b.      Tiang bendera + 2 meter                   e. Teks Pancasila 
c.       2 buah standar bendera 

FILE : UPACARA SIAGA










g.      Text Box: Upacara Penggalang
Bentuk : Angkare (U) 
sebab perhatian dan perkembangan jiwanya telah mulai terbuka. 

FILE : UPACARA PENGGALANG



h.      Text Box: TATA UP. PRAMUKA PENEGAK 
 Bentuk : Bersaf sebab perhatian dan perkembangan jiwanya sudah terbuka luas. 
 Up. Pembukaan 
1.      Kerapian setiap anggota ambalan oleh pemimpin sangga. 
2.      Sangga Kerja menyiapkan perlengkapan upacara. 
3.      Pradana mengumpulkan anggota Ambalan dalam bentuk barisan bersaf. 
4.      Laporan pemimpin Sangga kepada Pradana. 
5.      Pada waktu Pemimpin Sangga meninggalkan tempat, wakil pemimpin Sanggapindah ke tempat Pemimpin Sangga. 
6.      Para pinsa sesudah laporan mengambil tempat di sebelah kanan barisan. 
7.      Pradana menjemput Pembina dan mengantarnya ke sebelah kanan para pinsa dengan sebelumnya mendapat penghormatan dari pasukan. 
8.      Pradana mengambil tempat di depan barisan. 
9.      Pengibaran Sang Merah Putih, Pradana memimpin penghormatannya. 
10.  Pembina Penegak membaca Pancasila diikuti oleh anggota Ambalan. 
11.  Pembacaan Dasa Dharma atau sandi Ambalan oleh petugas. 
12.  Pengumuman dari Pradana / Pembina. 
13.  Pradana memimpin doa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. 
14.  Laporan dari Pradana kepada Pembina Penegak. 
15.  Barisan dibubarkan oleh Pradana dilanjutkan dengan acara latihan. 
 
Up. Penutupan 
Sama dengan up. pembukaan hanya saja melaksanakan penurunan bendera dan tidak ada pembacaan Pancasila dan Dasa Dharma 

FILE : TATA UPACARA PENEGAK
















i.        FILE : UCAPAN TERIMAKASIH






j.        FILE : BIODATA PENGARANG

v  MENGGUNAKAN MENU PLACE IN THIS DOCUMENT
Menu Place in This Document memper mudah kita dalam membuat sebuah presentasi tidak seperti Menu Exiting File. Di Menu ini kita cukup membuat satu buah File yang terdiri dari beberapa Slide Power Point karena yang akan kita hyperlink adalah Slide-slide yang kita buat
a.      SLIDE 1 : JUDUL DAN PENGARANG
b.      SLIDE 2 : PENGERTIAN
c.       SLIDE 3 : MAKSUD DAN TUJUAN
d.      SLIDE 4 : ABA-ABA
e.       SLIDE 5 : MACAM-MACAM ABA-ABA
f.       SLIDE 6 : UPACARA SIAGA
g.      SLIDE 7 : UPACARA PENGGALANG
h.      SLIDE 8 : TATA UPACARA PENEGAK
i.        SLIDE 10 : UCAPAN TERIMAKASIH
j.        SLIDE 11 : BIODATA PENGARANG

2.      BELAJAR MENAMPILKAN MENU MATERI PRESENTASI
3.      BELAJAR MENGUBAH TAMPILAN/DESAIN LAYOUT SLIDE DAN MENGGANTI BACKGROUND DARI MATERI YANG SUDAH DIBUAT PADA NOMOR 1
4.      BELAJAR HYPERLINK DENGAN MENGGUNAKAN MENU EXISITING FILE OR WEB PAGE
5.      BELAJAR HYPERLINK DENGAN MENGGUNAKAN MENU PLACE IN THIS DOCUMENT
6.      BELAJAR MEMBUAT TOMBOL NAVIGASI
7.      BELAJAR MEMASUKAN SUARA PADA SLIDE
8.      BELAJAR MEMASUKAN VIDEO PADA SLIDE
9.      BELAJAR MEMBUAT ANIMASI


a.      ANIMASI PADA TULISAN
b.      ANIMASI BUATAN
c.       MENGGUNAKAN ANIMASI GIFT


MEMBUAT ANIMASI GELEMBUNG SEDERHANA DI POWERPOINT
bubble Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpoint 1. Buat Gelembung
a. Buat gelembung dengan bangun lingkaran, yaitu dengan Insert>
Shapes>Oval. Untuk membuat bagun oval menjadi lingkaran, dapat dilakukan dengan menekan Shift saat mendrag bangun tersebut. Atur sedemikian rupa sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.




bubble11 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpointb. Kemudian edit dan atur fillnya dengan klik kanan pada gambar lalu pilih Format Shape. Atur sesuai kehendak Anda yang sekiranya mirip dengan gelembung.




bubble3 300x280 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpointc. Copy gambar tersebut untuk memperbanyak gelembung sebanyak yang Anda inginkan, kemudian resize sebagian gambar dengan ukuran berbeda agar terlihat tidak monoton. Kemudian letakkan pada bagian bawah karena kita akan mulai animasi dari bawah ke atas.







3.      Buat Animasi
a. Buat animasi dengan motion path (baca:
Menggunakan Motion Paths). Dalam hal ini kami menggunakan Scribble.

bubble2 300x256 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpoint 





bubble4 300x269 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpointb. Gambar alur gerakan masing-masing gelembung dengan Scribble. Kemudian atur animasi agar langsung berjalan ketika slide muncul dengan With Previous.






d.      bubble6 300x267 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di Powerpointbubble5 300x268 Membuat Animasi Gelembung Sederhana di PowerpointAtur efek dari tiap motion dengan efek option, maka akan muncul tampilan seperti berikut.








Penjelasan:
  1. Gunanya untuk membuat awalan dan akhiran animasi menjadi lembut, maka dalam hal ini kita uncheck karena jika kita mengawali dan mengakhiri animasi dengan lembut, maka akan terlihat seperti tersendat.
  2. Untuk mengatur mulai animasi
  3. Waktu untuk mengatur animasi harus menunggu sekian detik setelah animasi lain berjalan. Dalam hal ini di buat beragam agar animasi tidak mulai bersamaan.
  4. Kecepatan yang ditempuh untuk setiap animasinya. Dalam hal ini juga dibuat beragam agar animasi terlihat lebih ramai.
  5. Untuk mengatur pengulangan animasi. Dalam hal ini kita pilih Until Next Click untuk mengulang-ulang animasi sampai klik selanjutnya.

MEMBUAT ANIMASI CAHAYA MENGKILAP


  1. ScreenHunter 01 Jun. 28 18.45 Membuat Animasi Cahaya Mengkilap

    Buatlah shape dengan bentuk persegi panjang di slide yang akan anda beri efek mengkilap seperti di bawah ini.

  2. Klik kanan pada persegi panjang lalu pilih Format Shape.


  3. ScreenHunter 02 Jun. 28 18.48 Membuat Animasi Cahaya Mengkilap

    Pilih fill > Gradient fill, lalu seting warna gradien stopnya seperti ini


    • Stop 1: warna putih, transparasi 0%
    • Stop 2: warna putih, transparasi 50%
    • Stop 3: warna putih, transparasi 100%


  1. ScreenHunter 03 Jun. 28 18.54 Membuat Animasi Cahaya Mengkilap

    Masih di dalam Format Shape, pilih Line Color lalu klik no line.
  2. Rotasi Gambar sehingga menjadi seperti berikut



  1. Geser Gambar ke pojok kanan bawah sampai gambar tidak terlihat.


  2. ScreenHunter 04 Jun. 28 18.56 Membuat Animasi Cahaya Mengkilap

    Beri animasi motion path (Baca: Menggunakan Motion Paths) dari kiri bawah ke kanan atas.

  3. Atur kecepatannya sesuai selera anda





Post a Comment

0 Comments