SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu
Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang
terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan
oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971.
Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik
lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah
program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan
pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu
dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya
dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program
SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail
yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di
dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘
sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat
e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama
Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen
Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang
kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari
Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk
menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan
pendidikan satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan
dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program
baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun.
Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari
primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan
pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama
lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan
ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG
yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer,
sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang
ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file
protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim
pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah
awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim
Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail
untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti
“at” atau “pada”.
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan
oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988
oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di
University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari
Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka
grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun
kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi
produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa
tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape
dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak
hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka
disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
PENGERTIAN EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos
elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris
“e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim
mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya
pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi
surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk
membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
– Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan
komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat
tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi
mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya
dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan
telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar
daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli
kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu
dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan
biaya.
– Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja,
dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang
kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar
teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video,
program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH DALAM EMAIL
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program
komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file,
atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Etika penggunaan email
Etika dalam email sama
dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada
yang informal. Beberapa poin penting:
* Jangan mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu
besar (lebih dari 1 mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang
cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas email
penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu,
perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email juga menerapkan batasan
tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat diterima (dan
dikirim) penggunanya.
* Jangan mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
* Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Dan tentu saja, gunakan kata-kata dengan santun:). Adakalanya
sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya
kita maksudkan.
Jenis Email
Ada 3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan
E-mail berbasis web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda
Kelebihannya :
• Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak
perlu connect ke internet) untuk mengecek email, anda perlu connect ke
server POP mail anda, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah
itu anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email.
Kekurangannya :
• Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat
b. Web Based Mail
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web
Kelebihannya :
• Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya :
• Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwarding
Kelebihannya :
• Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu memberi tahu email anda yang baru.
Mengakses Email
Email pada mulanya disimpan di
dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP
untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu email gratis. Email
yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
* Menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla
Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan
media web sebagai perantara ke kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan
Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online.
Layanan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara
layanan email gratis.
* Menggunakan program pengakses email (e-mail client), seperti:
Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan
menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi
yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca email
tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan
bahkan ratusan email dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama
sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan
fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan
demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat
Komponen Email
Sebuah alamat email terdiri atas
dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id, yang
menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa
nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga.
Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
sumber : http://kelompok-tik-ipa2.blogspot.com/p/pengertian-e-mail.html
0 Comments